Waspada BAB Saat Puasa

Di sebuah forum ‘bahsul masail’ terjadi perdebatan yang sangat seru. Tentang larangan-larangan dalam berpuasa seperti mengupil, mengorek kuping, dan menggosok gigi. Sebagian besar peserta sepakat bahwa hal-hal tersebut dilarang karena dasarnya jelas bahwa memasukkan sesuatu kedalam tubuh membatalkan puasa. Dalam forum itu juga mengkaji hukum orang berpuasa menelan dan mengeluarkan ludah. Yang mana ketika seseorang menelan ludah akan memasukkan air ke dalam kerongkongan sedang proses meludah selalu tampak ada sisa air yang tertarik keatas, dan akhirnya kembali masuk kemulut. Endingnya semua sepakat yang demikian membatalkan puasa.

Masalah lain yang menjadi perdebatan namun belum sampai pada putusan adalah BAB atau buang air besar selama berpuasa.  Loh koq bisa? Ya, karena pada saat orang buang air besar (maaf) kadang ada sisa tinja dikit yang terpotong, lalu menggantung-gantung tak sampai jatuh, lantas gerakannya cenderung kembali naik keatas, dan masuk ke tubuh (maaf lagi -baca: anus). Itu bisa membatalkan puasa.

Cukup menarik rupanya perkumpulan cendekia yang berkumpul dalam bahsul masail saat itu. Bahsul Masail adalah forum NU yang membahas hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan fiqih dan katauhidan. Semacam majelis tarjih dalam Muhamadiyah. Forum ini biasanya diikuti oleh Syuriyah dan ulama-ulama yang berada di luar struktur organisasi termasuk para pengasuh pesantren. Masalah-masalah yang dibahas umumnya merupakan kejadian yang dialami oleh masyarakat.

Kebetulan saya pernah dipercaya menjadi peserta forum ketika membahas masalah-masalah di atas, kurang lebih 20 tahun lalu ketika saya masih kanak-kanak, tepatnya kelas 4 SD. Karena masih SD tentu forum tersebut bukan forum beneran, tempatnya juga bukan dalam sidang-sidang ruang tertutup, tapi di dalam kelas, disaat isitirahat jam pelajaran.

Karena masing-masing usia peserta juga belum memenuhi syarat untuk mengkaji masalah maka putusan-putusan diatas tak sampai dibawa ke muktamar untuk digodok menjadi fatwa. Maka cukuplah menjadi kenangan masa kecil yang masih terasa geli kala diingat.

Bagaimana masa kecil anda?

***

foto diambil dari sini

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov