Tampilan Windows Blank, Tinggal Cursor

Dosa apa yang pernah saya buat hingga mendapati os windows 7 di rumah tiba-tiba tampil blank, tiada icon desktop, tasbar, dan lain-lain. Hanya menyisakan pointer mouse yang bisa digerakkan kesana kemari. Pusing? pasti. Malas berpikir, saya lakukan langkah bodoh, yakni dengan mereinstall system OS. Begitu tuntas dan install beberapa aplikasi masalah berulang: Windows blank!.

Ehm, gejalanya seperti kena virus. Pasalnya tu kompi baru saja diinstall. Cek dengan AVAST nihil. Kemudian coba SMADAV, ketemu beberapa file terinjeksi, tapi file-file tersebut sejatinya tidak sampai menyerang sistem.

Masih mikir..

Akhirnya saya menemukan artikel bagus yang menyelesaikan masalah tersebut. Solusi simpel dengan menekan ctrl-alt-del untuk membuka Task Manager. Kemudian pilih New Task, ketikkan “explorer”. Alhasil, seluruh icon dan taskbar yang menghilang kembali muncul. Tapi solusi ini hanya sekedar menampilkan saja. Tidak menuntaskan masalah. Begitu restart tampilan tetap ngambek.

Masih artikel yang sama. Saya mencoba scrool kebawah untuk mencari solusi lain. Dari respon yang ada nampaknya kasus tersebut sering terjadi tapi penyebabnya bisa berlainan, terlihat dari beberapa orang yang memberi solusi dengan sesuatu yang berbeda satu sama lain. Dan diantara itu semua, solusi yang membereskan masalah di kompi saya adalah solusi dari Tenetsam:

I have your solution, it is registy problem, boot up your pc,
When it stops at the black screen with my documents open or blank, hit cntr+alt+delete and then task manager
Run a new task called regedit
Now in the left hand collum navigate to HKEY_local machine/software/microsoft/WindowsNT/Currentversion/winlogon.
Click on the winlogon folder
Now in the right hand panel click on shell.
The data value should only be explorer.exe so delete anything after that,
Do this by double clicking on shell and edit the value and hit ok
Restart and thats it!

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov