Support Alfaonline.com Cepat dan Sangat Membantu

alfawebCepat dan tanggap, kesimpulan ini yang saya dapat saat mencoba bertransaksi di toko Alfa Online. Kebetulan saat itu toko yang saya pilih untuk COD statusnya offline, beberapa toko disekitar sama. Karena masih menginginkan toko tersebut terkait kedekatan jarak saya sampaikan keluhan ke email support.

Tak berapa lama support membalas dengan meminta nomer yang bisa dihubungi. Setelah saya kasih, tak lama juga, HP berdering, ternyata petugas dari bagian CS yang kontak. Padahal jam di HP sudah menunjuk angka 9 malam. Lewat telpon itu petugas memberi solusi terkait masalah yang saya alami.

Kepercayaan dan kenyamanan belanja ini yang saya harapkan. Alfa Online bukanlah toko pertama tempat saya bertransaksi. Sudah puluhan kali saya belanja online, dan setiap itu pula saya selalu memastikan kecepatan support dalam merespon feedback user.  Terkadang untuk ngetest selebihnya untuk problem yang benar-benar terjadi.

Apa yang saya lakukan ternyata juga dialami oleh teman-teman. Bukan karena ingin mendengar suara cantik sang dewi support, tapi ada kekuatiran kalau seller tidak serius dalam melakukan bisnis. Dan sekali lagi, Alfa online telah menjawabnya.

Lolos Uji Kelayakan Toko Online (versi saya)

Sebagai pembeli, tester, dan juga kerap diminta membuatkan toko online,setidaknya ada beberapa hal yang HARUS dipenuhi oleh penjual agar dipercaya pembeli. (bab trust sudah saya singgung di sini). Apa saja dan apakah Alfa Online memenuhinya. Simak ceklist berdasar teori sejumlah pakar dengan hasil uji saya (huruf miring), sebagai berikut:

  1. Ada foto produk,  Agar calon pembeli lebih terkesan, gunakan foto produk yang sesuai dengan produk asli.  Saya cek disini AlfaOnline sudah menerapkannya.
  2. Tidak Menggunakan foto pasaran, Jangan menggunakan foto kebanyakan yang beredar di internet. Sekalipun itu barang yang mudah dicari atau sudah diketahui banyak orang. – idem diatas.
  3. Mengangkat telpon. Calon pembeli biasanya menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah ada di website. Sekalian ngetest apakah yang menjawab manusia atau mesin penjawab.- Jangankan ditelpon, diemail saja balasnya by phone.
  4. Contact support yang cepat, Bayangkan jika kamu akan membeli sebuah sepatu, dan menunggu satu jam untuk dilayani. Padahal kamu hanya ingin bertanya apakah ada ukuran yang lebih besar. Pikiran yang mungkin timbul adalah: “Ini orang niat jualan gak sih?”, atau mungkin: “Saya mau beli kok gak diladeni!”. Begitu pula calon pembeli. Segera respon SMS/BBM/YM/Telpon secepat mungkin agar calon pembeli merasa bahwa ia memang benar-benar diperhatikan. idem di atas
  5. Contact support lengkap. Tak semua orang memiliki BlackBerry dan tak semua orang mau membuka Yahoo Messenger hanya untuk menghubungimu. Sediakan contact support yang selengkap mungkin seperti: YM, Pin BB, Email, SMS, Telpon dan mungkin juga Skype. – nah, untuk yang ini Alfa Online kurang memadai. Semoga menjadi catatan untuk pengembangan.
  6. Menggunakan banyak rekening. Ada kalanya di daerah luar Jawa, sebut saja Banjarmasin, Manado, Samarinda dll jarang ada atau bahkan tak ada Bank BCA. Karena itu, sediakan rekening alternatif seperti Bank Mandiri dan Bank BNI. -Tak perlu dijelaskan. Cukup lihat dihalaman pembayaran.
  7. Tidak Menomorsatukan harga. Harga murah memang seperti gula manis yang disukai semut. Tapi jangan semata-mata karena harga murah, kamu jadi seenaknya memperlakukan pelanggan. Perlu diperhatikan bahwa pertama yang dilihat mungkin harga/produk. Tapi setelah mereka bercakap-cakap dengan penjual, servis-lah yang nomor satu. Meski harga sedikit lebih mahal, saya jamin calon pembeli akan membeli barang asalkan servis ramah dan memuaskan. – Kalau sudah berani call pelanggan tentu bisa dipastikan nadanya ramah 🙂
  8. Ada kepastian kapan barang dikirim. Ketersediaan produk biasanya tidak pasti, apalagi jika produk dibuat sesuai orderan, contoh: kue kering. Tapi bukan berarti kamu harus ‘menggantung’ calon pembeli. Beri kepastian kapan produk tersedia dan siap dikirim. Sertakan juga estimasi lama pengiriman. Yap, Saat checkout untuk pengambilan maupun pengiriman barang disediakan pilihan waktu.  Dan saya sudah 3x membuktikan ketepatannya.
  9. Ada alamat jelas. Mayoritas orang Indonesia masih takut jika disuruh berbelanja online. Karena itu, cantumkan alamat website yang jelas sehingga orang tau jika lapak kamu benar-benar nyata. – alamat AlfaOnline sudah cukup jelas, termasuk dengan tempat pengambilan barang.
  10. Ada petunjuk cara pembelian. Sediakan halaman khusus untuk menjelaskan cara membeli barang di website kamu. Bagian yang paling sulit ialah: membuat cara yang rumit menjadi semudah mungkin bagi calon pembeli. – sudah disediakan di menu bagian bawah. atau klik di sini.
  11. Website tampak jelas penghuninya. Maksud saya disini ialah, bagaimana pengunjung bisa merasakan website tersebut diperbaharui secara berkala atau bahkan tiap hari? – Di tampilan depan Alfaonline kita bisa menjumpai kotak promo yang berubah tiap hari. Tentunya itu dilakukan oleh manusia 🙂

Dari hasil uji saya diatas bisa disimpulkan bahwa AlfaOnline sangat recommended sebagai alternatif belanja anda. Persis taglinenya: Smart and Easy Shopping, yang sempat dijelaskan saat launching di Surabaya, Rabu 18 September 2013, bahwa  kita bisa memilih apa saja yang akan kita beli dengan waktu, tempat, cara pembayaran, dan cara pengambilan secara ‘smart’ dan proses yang ‘easy shopping’.

Mudah, tapi Hanya untuk Lelaki Setia

Berdiri Sejak 1989, Alfamart merupakan jaringan minimarket bahan pokok sehari-hari terbaik, dengan member terbanyak di Indonesia. Dari pertama berdiri hingga sekarang, Alfamart memiliki sejarah panjang dengan hadirnya banyak program dan terebosan dalam melayani keperluan sehari-hari. Baru pada tanggal 12 Februari 2012, PT Sumber Alfaria Triaya Tbk Meluncurkan produk belanja online nya dengan nama AlfaOnline dengan alamat situs www.AlfaOnline.com dan menjadi minimarket pertama yang bergerak di bidang belanja online di indonesia.

Sudah 3x saya bertransaksi di AlfaOnline. Setiap transaksi berjalan lancar, kecuali hal-hal diatas yang saya ceritakan (dan sudah ditangani support). Karena barang yang dijual kebutuhan sehari-hari, koleksi di AlfaOnline terlihat sangat lengkap, dari barang-barang printil macam obat nyamuk bakar, gayung mandi, hingga barang-barang logam. Ini menjadi kelebihan tersendiri yang sepertinya belum tertandingi oleh toko online manapaun.

Ibu rumah tanggapun tak akan kesulitan jika ingin mengulang belanja di bulan berikutnya. Mengingat setiap bulan kebutuhan rumah tangga relatif sama, seperti sabun mandi, minyak, gula, dan lain-lain, di Alfa Online terdapat fasilitas “Shopping List” untuk menentukan daftar belanja apa saja yang dibutuhkan nanti. Bagaimana dengan yang belum bikin Shopping List? Jangan kuatir, cukup masuk ke histori transaksi. Pilih transaksi sebelumnya, klik DETAIL, kemudian Add to Cart. Disitu nanti anda bisa menambah atau mengurangi daftar belanja.

Mudah bagi ibu rumah tangga, tapi nahas bagi para bapak yang ingin memanjakan wanita ‘lain’. Diketahui, salah satu kelebihan AlfaOnline adalah bisa mengirim belanjaan ke tempat lain diluar alamat buyer. Tapi kelebihan ini rupanya tidak diikuti dengan kelengkapan fitur di histori transaksi: tidak ada menu “delete” untuk menghapus rekam jejak! Semoga ‘kelemahan’ ini ditindaklanjuti Developer Alfa Online 🙂

***

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov