Sebelumnya tidak pernah terfikirkan oleh Agus Budianto, usaha nekatnya membuat kerajinan peci lukis menjadikannya pengusaha peci lukis yang terkenal di daerah Jawa Timur. Ia mengaku sempat kesulitan saat awal merintis usahanya karena terbelit masalah modal yang tidak cukup. Didukung oleh pinjaman sana-sini akhirnya ia beranikan untuk memulai ushanya tersebut di tahun 2015 silam.

Karena butuh modal yang lebih besar demi memutar perekonomian usahanya, lelaki yang kerap disapa Pak Agus ini memutuskan mengajukan pinjaman ke PT Semen Indonesia bagian binaan UKM sebesar 10 juta rupiah. Dari modal yang ia terima tersebut, ia manfaatkan semaksimal mungkin utnuk mengembangkan usahanya tersebut. Dari memperbaiki bahan, membayar pekerja, dan biaya pemasaran produknya.

Hingga pada tahun pertama usahanya, peci lukisnya mulai mendapatkan perhatian oleh konsumen lewat pasarannya di di daerah lokal seperti Lamongan, Tuban dan Menganti yang sudah berlangganan dengannya. Bahkan pemesan datang juga dari daerah Jakarta. Mulai dari sanalah, ia beranikan lagi memperluas pemasraan produknya.

“Saya sangat bersyukur, baru tiga tahun sejak saya memulai usaha ini, sudah menunjukkan hasil yang baik” ungkapnya mengekspresikan rasa syukurnya. Keberhasilannya sampai saat ini tidak lain juga ditopang oleh dukungan PT. Semen Indonesia yang menjadikannya binaan di progam UKM. “Melalui binaan oleh Semen Indonesia, saya bisa lebih banyak belajar dari pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Semen” tambahnya.

Selain melalui binaan, Semen Indonesia juga mengelar pameran-pameran UKM yang kemudian diikuti oleh kelompok-kelompok binaannya sehingga menjadi wada juga bagi para pengusaha kecil memamerkan sekaligus memasarkan karyanya lebih luas. Sampai saat ini Agus Budianto telah ikut serta dalam ajang pameran yang diadakan Semen Indonesia di Gresik, Tuban, Semarang, Surabaya yang membuat produknya makin dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di daerah tempt tinggalnya saja.

Saat ini, Agus memiliki tiga orang karyawan tetap yang membantunya memproduksi peci lukis. Sedangkan ia akan menambahkan karyawan hingga 6-7 orang ketika menjelan bulan Ramadhan tiba karena pesanan yang melonjak drastis. Berkat usahanya yang sekarang, Agus mampu mengantongi omset bersih 5-7 juta per bulan saat ini. Belum lagi ketika bulan Ramadhan tiba, ia mampu mengantongi dua hingga tiga kali lipat pendapatan biasanya. Tak lupa, ia juga berharap dengan menjadi binaan Semen Indonesia sebagai UKM, usahanya menjadi semakin lancar dan maju dan dapat menunjukkan dirinya sebagai pengusaha yang sukses. []

(Visited 31 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov