Lezat dan Maramnya Baso Kepala Sapi

Kalau jalan-jalan ke Surabaya anda bakal sering menyaksikan Penjual Bakso dimana-mana, dari yang mangkal, jalan pake rombong, sampai yang dipanggul. Begitu banyaknya variasi. Kalau beruntung anda akan menyaksikan juga penjual bakso yang berlari cukup kencang dikejar Tamtib.

Variasi model penjual juga diikuti oleh variasi rasa. Bermacam-macam rasa disajikan, mulai dari Bakso Malang, kemudian bakso solo, lantas ada bakso yang bulatnya mungil-mungil hingga segedhe bola tenis (lebih sepertinya). Ada lagi Baso yang dibuat dari Ikan Tengiri, bahkan konon ada pula Bakso dari Cingur Sapi.

Mungkin dari banyaknya varian dan distro baso di surabaya membuat anda bosan juga akhirnya. Tapi tunggu dulu, ada 1 lagi yang layak anda cicipi. Baso Kepala Sapi namanya. Letaknya di pojokan, perempatan antara jalan Manyar dan Asrama Haji.

Kemarin saya berkesempatan mencobanya, bersama ishak teman dari Pondok. Dua rasa penasaran menyelimuti niat saya untuk membelinya. Pertama dari namanya, Kepala Sapi. Penasaran bagian mana dari kepala yang dijadikan baso. Penasaran kedua adalah info dari ust. Zubair tentang pelayanan dari waitress yang sangat cepat. Sebegitu cepatnya, belum selesai motor diparkir pengunjung sudah ditanya mau pesan apa, yang biasa atau spesial. Pasti yang demikian menjadi Add Value sendiri karena betapa banyaknya resto-resto yang pelayannya ogah-ogahan mendatangi pengunjung.

Benar, terbukti sekali, baru saja kami masuk salah seorang pelayan menanyakan hal tersebut diatas, ditambah tawaran makan disini atau bungkus. Padahal saat melihat tempatnya saja kami sudah dibuat jeper duluan. Full, sudah pasti antrean bakal lama. Rupanya baik sambutan dan penyajian intervalnya tak jauh beda. Beberapa menit setelah kami duduk pesanan yang diminta datang. Luar biasa.

Lantas bagian mana dari kepala yang diolah jadi Baso, sampai pulang tak bisa kami simpulkan. Kami berdua bukan anak jagal, sedikitpun tak punya pengetahuan tentang bagian-bagian daging. Tapi apapun bagiannya tak soal karena rasanya sungguh lezat. Basonya terasa ringan dikunyah namun mantap dilidah. Rasanya juga gurih tatkala seledri yang disediakan terpisah ditaburkan ke seluruh seantero kuah. Wuihhh.. nyamm..yummmiii. Jika anda yang tak ingin merasakan lezatnya saja tapi ingin kenyang disediakan juga kupat lontong dengan karbohidrat tinggi, ditambah beberapa gorengan penambah kegurihan.

Btw, di Baso kepala sapi ini ada 2 menu yang ditawarkan, Biasa atau Spesial. Yang biasa Rp. 7000,- sedang Spesial Rp. 11.000,- Tak jauh bedanya, hanya porsi dan jumlah Baso yang lebih banyak pada menu Spesial, plus cacahan daging kecil-kecil yang cukup membuat geli enaknya di rongga mulut. Porsi yang cukup banyak dan hampir memenuhi mangkok praktis membuat marem di perut. Kenyangg.

So, bagi anda yang sedang ke Surabaya dan ingin menambah perbendaharaan cita rasa Baso jangan segan-segan mencicipi Baso Kepala Sapi ini. Sayapun bersedia jadi guide. Tentu sambil berharap-harap dapat porsi gratis juga dari Anda. Jelaslah. Oke .. ditunggu..

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov