Kapan Sebaiknya Ikut Reksadana?

reksadanamanulifeHarusnya kemarin! Jawab perwakilan Manulife menanggapi pertanyaan audience di Rollaas Coffee & Tea, Tunjungan Plaza III tentang kapan bagusnya mulai berinvestasi. Jawaban tersebut tentu bermaksud betapa pentingnya investasi sehingga harus dilakukan sesegera mungkin.

Tak salah dengan apa yang dikatakan oleh perwakilan Manulife tersebut. Kita tidak tahu kebutuhan kita dimasa yang akan datang, setiap tahun laju inflasi pasti terjadi. Jika segera berinvestasi, akan ada rasa aman di masa yang akan datang. Kita bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan dimasa datang atau bisa menambah aset yang sudah ada dan memeliharanya.

Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan untuk masa depan, yang mungkin untuk keperluan yang sangat mendesak dimasa yang akan datang. Jenis investasi itu sendiri terbagi berdasarkan likuiditasnya, ada yang sangat likuid dan terukur dan ada yang tidak liquid namun tidak terukur.

Tips Keuangan Reksadana Manulife

Berhubung acara Investalk ini diadakan oleh Manulife yang punya produk Reksadana tentu banyak membicarakan seputar Reksadana ketimbang produk investasi lainnya. Sebelum memaparkan banyak hal soal Reksadana Manulife, diberikan terlebih dahulu tips seputar keuangan, yakni 3 : Insyaf, Irit, dan Invest.

Insyaf, sebagaimana artinya adalah kesadaran akan kebutuhan mendadak yang bisa terjadi di suatu nanti. Sadar bahwa kebutuhan semakin lama semakin naik akibat laju inflasi. Biaya sekolah anak sekarang sudah pasti berlipat-lipat di tahun-tahun berikutnya, demikian pula dengan biaya-biaya lain seperti rumah, pengobatan, transportasi, dan lain-lain.

Irit, adalah bijak dalam mengeluarkan uang. Irit bukan berarti citra orang miskin. Orang kayapun harus tetap irit agar tidak jatuh dalam kebangkrutan. Saat belanja, kredit, dll harus mempertimbangkan rasio pendapatan yang diterima.

Invest, merupakan kegiatan penanaman modal yang diharapkan akan memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang. Beragam manfaat investasi seberagam jenis-jenis investasi itu sendiri, seperti properti, Emas dan Perak (Logam Mulia), Saham, Obligasi, Forex dan Komoditi Berjangka, Deposito, dan Reksa dana.

Kenapa Pilih Reksadana

Secara definitif, reksadana merupakan sebuah pengaturan perusahaan dari manajer investasi yang terlihat dari portfolio efek, yang menampung saham dari seluruh penanam modal dan selanjutnya akan di investasikan oleh manajer investasi tersebut. Banyak orang kesulitan memahami definisi tersebut.

Nah, yang menarik dari acara ini saat pembicara menganalogikan Reksadana dengan Rujak. Sama-sama membeli seharga Rp. 10.000,- misal. Tapi jika yang dibeli adalah rujak maka akan dapat berbagai jenis buah. Berbeda jika dengan uang Rp.10.000,- dibelikan mangga sekilo, hanya 1 jenis buah yang didapat.

Demikian halnya dengan reksadana. Saat memilih investasi jenis ini, pada prakteknya kita mendapat banyak macam investasi, dari obligasi hingga saham di pasar bursa. Biaya yang dikeluarkan pun relatif terjangkau, bisa minimal Rp. 100.000,- per bulan. Ingat, ini bukan pengeluaran, tapi nominal investasi yang kelak dapat kita ambil mengikuti nilai yang akan datang. Dan jumlah investasi yang bisa sedikit itu (Rp.100.000,-) yang menjadi salah satu kelebihan Manulife Reksadana dibanding lainnya.

Mengapa Memilih Reksadana Manulife?

Reksadana Manulife adalah sebuah pilihan bagi para penanam modal dalam menginvestasikan saham nya kepada suatu perusahaan. Manulife merupakan pilihan investasi pada bidang yang di inginkan, tentunya yang memiliki risiko kecil dan lebih banyak menguntungkan untuk jangka panjang

Memilih Reksadana Manulife dalam berinvestasi memang suatu hal yang semestinya dilakukan demi kenyamanan, jaminan keamanan dalam menginvestasikan saham anda tersebut. Kita juga tidak perlu terlalu menguras tenaga dan pikiran dengan memikirkan tentang cara bagaimana menginvestasikan saham. Dalam memilih Reksadana Manulife, kita harus memilih yang memiliki transparan dalam hal perkembangannya, yang selalu dapat kita cari tentang informasi nilai aktiva nya, misalnya dapat anda cari di internet atau di surat – surat kabar bisnis.

Memilih Reksadana Manulife dalam menginvestasikan saham juga merupakan salah satu cara agar investasi dapat bertahan jangka panjang dan terhindar dari risiko yang besar untuk saham yang telah dimasukkan ketika memutuskan untuk menanam saham.

Berinvestasi di Reksadana Manulife mungkin bisa aman dimasa yang akan datang, namun harus diingat bahwa semua investasi tentu ada resikonya, baik resiko tinggi maupun low risk. Masa depan tidak lah bisa diprediksi dengan matematis yang bisa akurat, namun persiapan dini untuk berinvestasi mungkin lebih baik dari pada tidak melakukan investasi sama sekali.***

(Visited 15 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov