Jadwal Online Kereta Menyesatkan

Sebagai pelanggan setia jasa kereta api saya dibuat pusing dengan result jadwal kereta di situs www.kereta-api.co.id. Minggu lalu, tepatnya senin (29/3) dari jakarta saya berniat pergi ke surabaya dengan kereta. Karena pekerjaan yang belum kelar saya memutuskan berangkat malam, tapi tidak dengan Eksekutif mengingat tarifnya yang sangat mahal. Apa saja tak masalah, yang penting sampai Madiun untuk kemudian lanjut ke Surabaya, entah dengan bis atau kereta lagi.

Saya cek jadwal via online. Hasil yang didapat tertera Ka brantas berangkat pk.19.40, sampai madiun jam 06.00,-. Pas sekali bathin saya, berarti sesampai madiun saya tinggal tunggu kereta Bisnis Sancaka pk. 09-an

Namun, tiba di stasiun Jatinegara, saya kaget mendapati info bahwa KA. Brantas sudah berangkat sore tadi pk. 16.04.- sebagaimana yang tertera di papan jadwal stasiun. (Sebenarnya banyak alternatif lain, misal kereta jurusan semarang atau jogja tapi itu berarti saya harus lama menunggu sehingga tak mungkin menjadi pilihan).

Tak perlu pikir panjang saya memutuskan naik KA Bengawan, tujuan akhir Solo. Dengan begitu sesampai solo tetap bisa lanjut dengan Sancaka, meski berarti cost yang saya keluarkan jadi bertambah.

Sekali lagi saya dikecewakan karena kereta tidak berhenti di Sta. Balapan tempat dimana Sancaka berhenti. Okelah saya tunggu sampai stasiun terakhir, dengan harapan ada angkutan dari Jebres ke Balapan. Sayang meleset lagi, karena sesampai di Jebres tidak ada kereta ke Balapan di waktu-waktu tersebut. Oleh petugas saya disuruh keluar naik becak atau jalan kaki menuju halte yg terbilang cukup jauh. Sementara bawaan saya sangat banyak. Sekali lagi, cost jadi bertambah. ***

Agar tidak menimpa penumpang lain, saya menghimbau kepada PT KAI agar:

  1. Koreksi keakuratan jadwal kereta!. Masyarakat sekarang sudah banyak yang melek internet sehingga fasilitas online jadwal selalu jadi pegangan.
  2. Perjelas mana situs yang resmi. Ada kereta-api.com dan ada yang .co.id tapi keduanya berbeda. Di .com setahu saya sudah tidak ada lagi jadwal.
  3. Upayakan memperbarui index di google, entah bagaimana caranya pasti webmaster PT KA sangat canggih untuk melakukan itu. Sebab kenapa, bagi yang tidak biasa mengikuti update pengguna akan nyasar ke http://infoka.kereta-api.com karena hasil keyword jadwal kereta masih mengarah ke situ.
  4. Jika situs masih developing berilah info tentang kondisi yang ada. Sudah sebulan saya masuk ke infoka.kereta-api.com selalu dikatakan problem server, atau mungkin lebih baik ditutupin dengan variasi 404 page. ahh..kalau ini webmasternya pasti paham.
  5. Sediakan angkutan antar stasiun sebagai fasilitas penumpang. Di surabaya, jika penumpang yang turun di stasiun Pasar Turi hendak melanjutkan ke Banyuwangi (arah timur) disediakan kendaraan menuju ke sta. Gubeng.

Photobucket

Pic 1 : hasil pencarian jadwal secara online. Brantas berangkat pkl. 19.40


Photobucket

Pic 2. Begitu datang ke stasiun. Brantas dah berangkat man!


Photobucket

pic 3. sampai sekarang hasil pencarian keyword jadwal kereta api seperti di atas.


Photobucket

pic. 4 . neh hasilnya kalau diklik. entah udah berapa bulan.


Photobucket

pic.5. Ehh, situsnya dah ganti. dulu dominan biru. sekarang coklat. so romantic.. tapi dimana cari jadwalnya?

Photobucket

pic. 6. Ehh, nemu disini. Tapi URL nya koq beda?


Photobucket

pic.7. Sobat gw lagi poseeng di Buzz.


Gambar di ambil dari http://bukubuku-rafadafi.blogspot.com/

(Visited 18 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov