Empat Muatan Pelatihan Organisasi

Beberapa hari lalu M2Net mengadakan kegiatan pelatihan bertajuk Pengelolaan Media Sekolah. Pesertanya dari wakil-wakil organisasi, spes, program, dan jurusan. Pelatihan yang berlangsung 3 hari ini berjalan lancar, namun sangat kurang dari segi antusias. Kekurangantusiasan ini sudah diprediksi sebelumnya, kemungkinan karena para peserta umumnya telah kramotak pasca mengikuti ujian semester. Secara mental bakal tak siap untuk dijejali materi lagi. Kedua, materi yang bersifat edukatif macam jurnalistik bagi anak-anak seusia mereka pastinya sangat asing. Berbeda kalau M2net mengadakan program bertema:”Cara Selingkuh tidak Ketahuan.” pasti de bakal meluber hingga pos satpam.

Baiklah, menanggapi kasak-kusuk untuk apa program ini diadakan. Ada banyak muatan. Saya akan mengurainya disini.

  1. Muatan Politis. Pelatihan ini untuk mengamankan hasil dari rekruitmen yang pada Jumat (17/12) kemarin diumumkan. Selama M2net masih berimage organisasi bakal bersinggungan dengan organisasi lain spt OSIS, KSPD, dll. Seringnya soal rebutan anak. Jika bermain emosi-emosian pastinya M2net memblokir berita organisasi di web yang memusuhi. Alhamdulillah itu tidak dilakukan, organisasi-organisasi itu malah dikasih pelatihan dengan mendatangkan tentor2 yang aduhai. Gratis lagi. (tuh… betapa baiknya kita:))
  2. Muatan Konstruksi. Sebelumnya saya bilang muatan media. Intinya sama, karena organisasi-organisasi itu bisa dijadikan semacam biro M2net, atau agen. Dengan adanya biro di masing-masing organsiasi., bidikan wartawan akan semakin luas, target beritapun semakin terjangkau.
  3. Muatan Bisnis. Sudah bukan rahasia lagi organisasi-organisasi yang ada di pondok punya keluhan sama dan serempak. DANA!. ya, mereka hampir tak pernah disuplay oleh sekolah. Efeknya, banyak organisasi merasa tak dipedulikan, padahal sudah beragam prestasi telah mereka torehkan. M2net yang mereka anggap organsasasi apakah mengalami hal yang sama? benar. Jikapun ada dana tapi pengeluaran dari kantung-kantung LAB dan Pribadi angkanya jauh berkali lipat. Daripada mengeluhkan sekolah terus kenapa tidak mencoba solusi kreatif. karena diotak-atik sampe kapan sekolah tetap berat mengucurkan dana ke organisasi, wong SPP anda sudah dikasih murah koq minta lebih (psikologisnya begitu). Jadi, jika organsasi2 itu sudah mengubah image bahwa M2net itu sahabat akan muncul rasa kepemilikan bersama. Kelak jika mereka diharuskan membeli “saham” akan mudah. Quotesnya: Beli Saham, miliki kami. Dana anda akan kami putar melalui bisnis-bisnis onlie sampai menghasilkan target yang cukup buat anda menjalankan organisasi. Organisasi-organsiasi bisa jalan, websitepun bisa update dengan riang.
  4. Muatan Sertifikasi. Tujuan utama dalam undangan yang beredar sebenarnya ini, tapi oleh Boz sekolah diubah. Mungkin karena sertifikasi mengandung bahasa tingkat tinggi yang harusnya memang dikeluarkan oleh level-level dikti, diknas, dikibulin, dsb…
    Whatever, kenapa perlu ada sertifikasi?. SMS yang saya terima dari pimpinan. Simple jawabnya: Kalau tak ada sertifikasi saya kuatir media resmi sekolah akan banjir kata-kata seperti ini:

QmO dLaM iDopQhO (kamu dalam hidupku..) q tWo (aku tau)
qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo. (kamu memang sulit buat sayang sama aku)
tPhE qMo pLu tHwO (tapi kamu perlu tau.)

mY LuPi (my love, cintaku, lupi lupi di kuping gue kedengerannya kayak permen yupi)
aLwaYs 4U (always for you, cuman buat kamu)

cOnA cMa qMo YaNk Co WaD qHo cYuM (soalnya cuma kamu yang cowo buat aku senyum -oke ni si ophi jelas jelas tidak mengikuti kaidah yang benar dalam membuat struktur kalimat)
ktHwA (ketawa)
n cNeNk.. (dan senang)

tHanKz b4 (thanks before, terimakasih sebelumnya)
yOz aLaWAiCe d bEzT. (you always the best, kamu selalu yang terbaik -ALAWAICE? WTF?)
iN meYe heArD, (in my heart, dalam hatiku -btw MEYE? APA ITU HAHA)

tHo_tHo.. (dadah -ini dadah doang ribet banget nulisnya)
LupHz yOu, (love you, sayang kamu)

Ehmm..anda mau menambahkan? ehm

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov