Definisi Startup yang Benar

Di era blue ocean sekarang ini, kata startup disebut dimana-mana, terutama dalam seminar-seminar bisnis dan kewirausahaan. Namun dalam sebuah seminar yang diadain salah satu provider pembicara mendefinisikan startup adalah UKM yang dionlinekan. Sontak ini mengejutkan saya karena definisi startup sepertinya bukan begitu.

Menurut saya startup adalah rintisan bisnis, apapun bentuknya, tidak harus online. Selama usaha itu baru dimulai, maka disebut startup. Soal online itu hanya media. Pembicara mendifiniskan seperti itu karena boomingnya startup bersamaan dengan semaraknya internet. Maka, online itu hanya media nya saja, tidak berkaitan dengan bisnis startup itu.

Untuk lebih akurat, coba kita ambil definisi startup dari tante wiki.

Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Menurut Maxmanroe

Defenisi diatas mungkin lebih pada terminologinya, namun menurut penulis akan lebih mudah jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak “dikawinkan” dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Adapun karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang berkenaan dengan dunia tekno dan online.

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov