Daftar Panel Hosting Gratis untuk VPS/Dedicated

VPS menjadi pilihan tepat bagi pengguna hosting yang ingin menaruh webnya agar mendapat akses maksimal. Dengan teknologi VPS pengguna hosting tak lagi dipusingkan dengan batasan-batasan optimasi PHP dan Database dari layanan Shared Hosting. Kitapun bisa menginstall OS apa saja didalamnya.

Namun, banyak pengguna VPS yang kemudian kesulitan dalam mengkonfigurasinya. Bagi seorang sysadmin tentu tidak masalah, tapi bagi orang yang pengetahuan linuxnya pas-pasan maka kehadiran software/app panel mutlak dibutuhkan. Dengan software panel ini, kita tak perlu pusing dengan banyaknya tahapan dalam installasi seperti webserver, mail server, database, dlsb.

Panel-panel yang tersedia di pasaran sangat banyak. Yang terkenal tentu CPANEL, harganya $15/bulan, belum termasuk bayar lisensi lagi untuk softcoulus agar bisa instan dalam menginstal engine-engine website.

Namun jangan khawatir ternyata bertebaran Control Panel Hosting yang Gratis, siap digunakan untuk keperluan hosting. Berikut daftar panelnya:

  1. Domain Technologie Control (DTC) dikembangkan oleh GPLHost untuk : Linux, FreeBSD, Mac OS X Server
  2. Easy Hosting Control Panel (EHCP) Linux Debian family (Ubuntu). Lihat di : ehcp.net
  3. GNUPanel hosting control untuk Linux Debian. Lihat di gnupanel.org.
  4. ISPConfig open source hosting control panel untuk Linux. Lihat di : ispconfig.org
  5. ispCP (Internet Service Provider Control Panel). Lihat di: ispcp.net
  6. Kloxo (dulu dikenal sebagai Lxadmin) untuk semua jenis Linux. Lihat di Kloxo
  7. SysCP (System Control Panel) Linux dan Unix. Lihat di : syscp.org
  8. Virtualmin untuk Linux, Lihat di VirtualMin
  9. VHCS – Virtual Hosting Control System untuk : Debian Sarge, Etch and Lenny, Suse, Fedora, CentOS4 dan CentOS5 Lihat di : VHCP
  10. OpenPanel untuk Linux CentOS / RedHat dan Debian / Ubuntu Lihat di : OpenPanel.com.

Walaupun gratis tapi kualitas software hosting panel diatas gak kalah dengan berbayar. Dan diantara software-software gratisan diatas, saat ini yang menjadi primadona adalah Kloxo, namun bukan versi Offisial tapi Kloxo MR. Saya termasuk penggemarnya. Kenapa? Karena kehandalannya yang mampu menyediakan banyak opsi untuk macam webserver dan database dengan tombol switch. Kloxo MR juga diperhitungkan praktisi server, konon kloxo jenis ini bakal menggantikan kloxo offisial yang sudah lama menghentikan projectnya.

Dan perlu tahu juga. Pengembang Kloxo MR itu sobat kita di tanah air. Pak Mustafa MR. Yup, jika anda cinta tanah air, cintailah produk lokal dan gunakan KLOXO MR.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov