Paman, cara mengetahui viewer kita bagaimana ya? Jumlah pengunjung per bulan.  (Mawar, Mahasiswi Undip).

Jawab: Ada banyak cara mengetahui statistik pengunjung blog, yang paling sederhana adalah memasang plugin view post atau memasang theme yang terdapat fasilitas view di dalamnya.  Data yang dihasilkan terbilang minim, sekedar view post saja. Bila ingin menampilkan data yang lebih komplek bisa memanfaatkan layanan pihak ke-3 seperti histat, alexa, jetpack, google analitycs, dan lainnya. Yang paling populer adalah google analitycs (GA)

Sebelumnya BMD memasang plugins GA for Dashboard agar setiap membuka dashboard langsung bisa melihat statistik pengunjung. Karena satu dan lain hal fasilitas tersebut dicabut oleh pengelola. Namun, blogger tetap bisa melihat statistik dengan mengalihkan “pandangan” ke website GA.

Namun, sebelum saya memberikan langkah-langkahnya ada baiknya memahami dulu istilah-istilah dalam GA. Ada puluhan istilah tapi hanya 15 saja yang sekiranya perlu saya berikan

1. Page Rank
Algoritma yang digunakan Google web search engine untuk melihat ranking web kita di search engine results. 80% hail traffic merupakan organic. Optimal posisi online untuk meningkatkan ranking. Berikan konten yang relevant dengan user untuk meningkatkan ranking web.

2.  Organic Search
Total dari pengunjung website yang melihat dari Google search engine result tanpa iklan berbayar. Organic search dihasilkan tertinggi dari SEO.

3. Unique Visits
Jumlah setiap individu orang yang mengakses web dalam jangka waktu tertentu. Unique Visits menjadi fokus utama dalam meluaskan jangkauan market.

4. Time On Site
Jumlah total waktu rata-rata yang dihabiskan user di web. Semakin tinggi waktu yang dihabiskan memiliki potensi dari pengunjung menjadi customer.

5. Page Views
Jumlah halaman yang dilihat di browser oleh user. Pageview memperlihatkan bahwa konten di web kamu cukup menarik user untuk terus menelusuri tiap halaman.

6. Return Visits
Jumlah Unique Visitors yang kembali lebih dari sekali mengunjungi web dalam jangka waktu tertentu. Return Visits menjadi indikator untuk mengukur engagement.

7. Bounce Rate
Sejumlah angka user yang hanya melihat web halaman pertama dan pergi tanpa melakukan action atau transaksi apa pun. Bounce Rate memperlihatkan tidak efekti suatu web.

8. Quality Score
Nilai yang diberikan Google untuk setiap keyword dalam setiap ad CTR, relevansi keyword dalam keyword group dan relevansi dengan landing page dengan mempertimbangkan lebih dari 200 faktor. Semakin tinggi kualitas maka semakin tinggi posisi di search engine result dan semakin rendah biaya.

9. CVR – Conversion Rate
Persentase dari total campaign hingga menghasilkan kontak atau transaksi.

10. Referral Traffic Growth
Tolak ukur yang memperlihatkan traffic referensi yang dihasilkan.

11. CTR – Click Through Rate
Persentase jumlah dari total iklan yang di klik user per impresi iklan.

12. Inbound Link
Back link, juga dikenal sebagai incoming links, inbound links, unlinks dan inward links yang merupakan incoming links ke halaman web. Ini merupakan komponen penting dalam meningkatkan ranking website. Fokus kepada jumlah link ke website dan sumber. Link yang berasal dari web dengan posisi tinggi akan mempengaruhi posisi ranking kamu.

13. Traffic By Device
Gadget / device apa (PC, Tablet, Mobile, etc) yang digunakan terbanyak untuk mengakses web. Setiap gadget melihat setiap halaman web berbeda. Pastikan format konten dapat diakses untuk prospek user.

14. Total Website Conversions
Jumlah angka pengunjung web yang melakukan transaksi atau action akhir yang diinginkan. Ini merupakan value sesungguhnya dari tujuan pembuatan website.

15. Referring URLs
Link apa saja yang diterima web dari halaman web lain. Ini dapat meningkatkan Share of Voice.

Langkah Menampilkan Hasil Google Analitcys di Dashboard WP

Karena GA adalah produk google, pastikan anda memiliki akun gmail.

  1. Buka https://analytics.google.com/analytics/web/ . Bila alamat berubah, gunakan keyword “google analitycs” lewat mesin pencari. Setelah ketemu lamannya, login menggunakan akun gmail Anda. atau Klik Sign Up jika anda belum pernah masuk sama sekali.
  2. Isi form
  3. Login ke dashboard blog Anda
  4. Klik Analytify –
  5. Konek kan ke account google dimana anda memasang analitycs pada item no. 1
  6. Setting GA pada tab Profile

    Klik untuk Zoom
  7. Selesai. Selanjutnya anda bisa melihat dengan klik Dashboard pada menu Analytify. Penampakannya akan seperti ini. (untuk pengguna baru butuh 1 hari menu ini bisa menampilkan hasilnya)

 

SEKIAN.

(Visited 60 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov