Standar Harga VPS

“Berapa biaya untuk upgrade tipe hosting dan berapa maintenance cost?”

Kemarin saya mendapat pertanyaan seperti diatas, tentang harga VPS. Kalau sudah ditanya seperti itu biasanya saya bingung, meski (Alhamdulillah) masih banyak yang mempercayakan ke saya untuk pembelian dan installasi server. Saya sendiripun ga punya server, adanya sewa. Beberapa saya gunakan untuk klien, dari level personal, bisnis kecil-kecilan, UMKM, hingga korporate. Beberapa lagi saya gunakan untuk eksperimen. Anggap kelebihan duit hahaha.

Biar ga bingung lagi, dan gampang rujukannya. Berikut saya coba list harga standar. Untuk satu ukuran space saja:

  • Server USA 20 GB $10 / month
  • Server IIX (lokal) 20 GB $16 / month
  • Server SG (singapore) 20 GB $10 GB / month

VPS sendiri adalah virtual private server = 1 server virtual digunakan untuk web sendiri

Kelebihan= memiliki akses private ke server, lebih cepet krn digunakan sendiri. Kekurangan= relatif mahal, butuh maintenance.

Perbedaannya apa dengan SHARED HOSTING?

Shared hosting itu 1 server digunakan bersama-sama dengan ribuan website lain.
Kelebihan= murah, maintenance tidak terlalu dibutuhkan.
Kekurangan = resource berbagi dengan ribuan akun lain.

Biaya maintenance untuk VPS $15 / month Monitoring, scan virus, block spam, backup, etc. (Biaya tidak termasuk tindakan jika ada kasus berat seperti DDOS atau kejadian yang mengakibatkan kerusakaan HD, Powes supply, dan fisik hardware or jaringan).

Perbandingan lokasi server

  • USA = umumnya memiliki performa stabil, akses dari negara manapun relatif sama, namun akses dari indonesia relatif lama dan cenderung berat karena jarak route yg jauh. Cocok untuk pengunjung internasional.
  • SG = singapura, akses dari Indonesia cepat, cocok untuk pengunjung internasional terutama asia.
  • IIX = indonesia, akses dari internasional berat, namun dari indonesia sangat cepat. performa server dan jaringan kurang begitu stabil. Cocok untuk pengunjung dari indonesia.

Detik, kaskus, kompas, dan situs portal lokasi server di IIX namun menggunakan hosting bertipe DEDICATED (1 kelas diatas VPS)

Jika dirasa masih belum perlu beralih ke VPS namun ingin situs selalu terjaga dari serangan bisa mengambil jasa maintenance $15 / month. Ini standar harga saya sendiri. Namun utk menginginkan manfaat lebih banyak seperti kestabilan, bandwith berlimpah, SEO lebih cepat, bisa beralih ke VPS IIX atau SG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *